Minggu, 10 Maret 2013

Perbedaan Hikayat dan Cerita Rakyat


1.    Hikayat cenderung terikat oleh bahasa melayu, sedangkan cerita rakyat menggunakan bahasa Indonesia yang lebih luwes.
2.    Isi hikayat biasanya bercerita tentang mengisahkan tentang kepahlawanan seseorang, lengkap dengan keanehan, kekuatan/ kesaktian, dan mukjizat sang tokoh utama , sedangkan cerita rakyat umunya umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.
3.    Hikayat umumnya menggunakan kata pembuka “ Alkisah “ , sedangkan cerita rakyat menggunkan kata pembuka “ Pada Zaman Dahulu Kala “.
4.    Hikaya biasanya menggunakan kata penghubung maka, syahibul hikayat, shahdan, pada itu dll, sedangkan cerita rakyat menggunakan kata penghubung kemudian, selanjutnya, begitupula dan sebagainya.
5.    Hikayat biasanya mengalami beberapa klimaks, sedangkan cerita rakyat biasanya dimulai dari tahap pengenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian.
6.    dilandasi oleh adanya unsur cerita/dongeng. maka hikayat berkesan rekaan/fiksional, sedangkan cerita rakyat berkembang dari mulut ke mulut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank you so much..

Poskan Komentar